Lot of Visitors

Monday, December 12, 2011

Penyakit Jagung



Penyakit Jagung

Penyakit Bulai
Gejala
Gejala daun yang terinfeksi berwarna klhorotik, biasanya memanjang sejajar tulang daun dengan batas yang jelas, dan bagian daun yang masih sehat berwarna hijau normal.warna putih seperti tepung pada permukaan bawah maupun atas bagian daun berwarna klhorotik, tampak dengan jelas pada pagi hari. daun yang klhorotik sistematik menjadi sempit dan kaku. tanaman menjadi terhambat pertumbuhannya dan pembentukan tongkol terganggu sampai tidak bertingkol sama sekali.

Tanaman yang terinfeksi sistematik sejak muda di bawah umur 1 bulan biasanya mati. gejala lainya adalah terbentuk anakkan yang berlebihan dan daun-daun menggulung dan terpuntir, bunga jantan berubah menjadi massa daun yang berlebihan dan daun sobek-sobek.

Penyebab
shurtleff (1980), wakman dan jatmiko (2002), serta rathore dan siradhana (1988) melaporkan bahwa penyakit bulai pada jagung dapat di sebabkan oleh 10 spesies dari tiga generasi yaitu :
  1. peronosclerospora maydis(java downy mildew)
  2. p. philippinensis (philippine downy mildew)
  3. p. sorghi(sorghum downy mildew)
  4. p. sacchari(sugarcane downy mildew)
  5. p. spontanea(spontanea downy mildew)
  6. p. miscanthi(miscanthi downy mildew)
  7. p. heteropogoni(rajasthan doeny milldew)
  8. sclerophthora macrospora(crazy top)
  9. s. rassiae var. zeae(brown stripe)
  10. sclerospora graminicola(graminicola downy mildew)


Siklus Hidup
Jamur dapat bertahan hidup sebagai miselium dalam biji, namun tidak begitu penting sebagai sumber inokulum. infeksi dari konidia yang tumbuh di permukaan daun akan masuk jaringan tanaman melalui stomata tanaman muda dan lesio lokal berkembang ke titik tumbuh yang menyebabkan infeksi sistematik. konidiofor dan konidia terbentuk keluar dari stomata daun pada malam hari yang lembab. apabila bijinya yang terinfeksi, maka daun kotiledon selalu terinfeksi, tetapi jika inokolum berasal dari spora, daun kotiledon tetap sehat.

Pengendalian

  • penggunaan varietas tahan (balitsereal 2005)
  • pemusnahan tanaman terinfeksi
  • pencegahan dengagan fungisida sisematik berbahan aktif metalaksil
  • pengaturan waktu tanam agar serempak
  • pergiliran tanaman


0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons